1. Microsoft Office Button
Apabila tombol ini diklik maka akan muncul beberapa pilihan yaitu :
a. New : berfungsi untuk membuat dokumen baru
b. Open : berfungsi untuk membuka dokumen yang telah dibuat
c. Save : berfungsi untuk menyimpan dokumen yang telah dibuat
d. Save As : berfungsi untuk menyimpan dokumen yang telah dibuat dengan nama berbeda
e. Print : berfungsi untuk mencetak dokumen
f. Prepare : berfungsi untuk mempersiapkan dokumen
g. Send : berfungsi untuk mengirim dokumen
h. Publish : berfungsi untuk mentransfer dokumen
2. Menu bar/tab
Baris ini berguna untuk memberi perintah dengan cara mengklik menu tersebut. Baris ini terdiri dari :
a. Home
b. Insert
c. Page Layout
d. References
e. Mailings
f. Review
g. View
a.
Fungsi MenuBar
1.
Tab Home Word
Tab home adalah tab yang berisikan
kumpulan menu-menu standar.
1)
Submenu Clipboard
Submenu Clipboard digunakan untuk
menampung sementara file-file hasil copy, hasil pemotongan, serta format
painter. Selain itu, submenu ini digunakan untuk menampilkan kembali hasil
proses copy atau pemotongan yang telah dilakukan.
2)
Submenu Font
Submenu Font berisi ikon-ikon
untuk fungsi pengaturan model/jenis huruf, ukuran huruf, menebalkan huruf,
mencetak huruf miring, membuat huruf turun, naik setengah karakter, menghapus
huruf, memberi warna huruf, memberi background huruf, dan membuat huruf menjadi
besar atau kecil satu karakter.
3)
Submenu Paragraph
Kegunaan submenu Paragraph adalah
untuk pengaturan dan pemberian bullet and numbering, pengaturan outline number,
melakukan decrease dan increase indentasi paragraf, perataan teks atau
Allignment (yang terdiri dari align left, right, dan justify), pengaturan jarak
baris (spasi), pemberian color (fill color), pemberian bingkai (border), dan
pengurutan data (sort).
4) Submenu
Style
Submenu Style digunakan untuk
mengatur penampilan teks (di antaranya dengan pilihan normal, tidak berspasi,
serta heading).
5)
Submenu Editing
Submenu Editing digunakan untuk
proses pengeditan teks.
2.
Tab Insert Word 2007
Tab ini digunakan untuk memasukkan
instruksi-instruksi ke dalam dokumen.
Bagian dari tab Insert tersebut
dapat dijabarkan sebagai berikut.
1)
Submenu Page
Submenu Page digunakan untuk untuk
pembuatan halaman cover, membuat atau membuka dokumen yang masih kosong dan
membuat penggalan halaman.
2)
Submenu Tabel
Submenu Insert Tabel digunakan
untuk menyisipkan atau memasukkan tabel ke dalam lembar kerja Word.
3)
Submenu Ilustrations
Submenu Ilustrations digunakan
untuk memudahkan Anda dalam mendesain lembar kerja dengan cara menambahkan
gambar, Clip Art, Shapes (gambar-gambar sederhana yang ditampilkan Word 2007),
dan menyisipkan grafik.
4)
Submenu Link
Apabila Anda menginginkan untuk
dapat menghubungkan file ke file yang lain, maka pilihan Link ini akan membantu
dan mempermudah Anda menghubungkan ke file lain termasuk ke internet.
5)
Submenu Header and Footer
Insert Header and Footer digunakan
untuk menyisipkan teks pada header dan footer sebuah dokumen serta pemberian
nomor halaman.
6)
Sub menu Text
Insert Text digunakan untuk
membuat Text Box, membuat WordArt (huruf indah), serta pembuatan Drop Cap
(huruf menjadi lebih besar di awal paragraf).
7)
Submenu Symbol
Insert Symbol digunakan untuk
membuat/memasukkan rumus serta simbol-simbol ke dalam teks.
3.
Page Layout Word 2007
Tab Page Layout digunakan untuk
mengatur tata letak data, yang meliputi Page Setup, memberi warna background
pada lembar kerja, mengatur spasi antarbaris, membuat kolom pada teks, dan
mengatur indentasi.
Tab Page Layout ini terdiri dari
sub-sub menu berikut.
1)
Themes
Themes digunakan untuk pengaturan
huruf dengan format sesuai keinginan (misalnya heading, normal, dan lain-lain).
2)
Page Setup
Page Setup digunakan untuk
pengaturan margin (batas tepi kertas), paper size (ukuran kertas), dan
pembuatan kolom teks.
3)
Page Background
Page Background digunakan untuk
memformat halaman menjadi berwarna, watermark, dan pembuatan bingkai halaman
kertas.
4)
Paragraph
Pada submenu Paragraph ini Anda
dapat mengatur seberapa besar indentasi (menjorok) serta membuat spasi
antarbaris teks Anda.
5)
Arrange
Arrange digunakan untuk mengatur
tata letak/posisi teks di dalam halaman, seperti diletakkan di depan atau di
belakang gambar.
4.
Tab References Word 2007
Tab ini digunakan untuk memasukkan
berbagai perintah seperti menuliskan footnote (catatan kaki), menyisipkan
gambar, dan membuat tanda citasi.
5.
Tab Mailings Word 2007
Tab ini berguna untuk membuat mail
merger (surat massal), mengetik teks pada amplop, dan membuat label.
6.
Tab Review Word 2007
Tab Review berguna untuk mengecek kesalahan tata bahasa serta
memproteksi dokumen.
7.
Tab View Word 2007
Tab View digunakan untuk
menampilkan atau mencetak dokumen pada layar, mengatur ukuran cetakannya, dan
menampilkan garis bantu pada lembar kerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar